Satu Malam untuk Bunda

“Udara dingin di malam itu, tidak membekukan hati dan niat 92 OMK yang berasal dari teritorial paroki St. Gabriel-Pulogebang dan paroki Kalvari-Pondok Gede untuk berziarah ke 9 Gua Maria DKI Jakarta.”

Dalam rangka memperingati bulan suci Rosario dan perayaan Sumpah pemuda sejumlah 92 OMK yang tergabung dari St. Gabriel-Pulogebang dan Kalvari-Pondok gede mengadakan Ziarah 9 gua maria yang ada di Jakarta. Dengan tema “Satu malam untuk Bunda” ziarah ini dilaksanakan pada hari Sabtu 25 Oktober 2008 pukul 19.00 wib s/d Minggu 26 Oktober 2008 pukul 04.00 wib. “Intensio kami(OMK;red) untuk pembangunan gereja St. Gabriel dan Kalvari yang saat ini sedang bekerja keras untuk memperoleh surat izin tempat ibadah. Walau bagaimanapun juga kami harus ikut andil dalam gerakan pembangunan” ujar F.X. Suntoro selaku ketua panitia dalam acara ini.
Setelah sebelumnya berdevosi di rumah hening St. Gabriel, Romo V. Rudy Hartono, Pr. memberikan berkat pelepasan kepada para peziarah yang akan melangsungkan konvoi dengan kendaraan 3 sepeda, 35 motor, dan 4 mobil. seluruh peserta ziarah yang seluruhnya orang muda akan menapakkan kedua kakinya di gua maria paroki St. Gabriel – pulogebang, Keluarga Kudus – Rawamangun, Sekolah St. Fansiskus – Kp. Ambon, St. Bonaventura – Pulomas, St. yakobus – Kelapa gading, St. Paskalis – Cempaka putih, St. Yoseph – Matraman, Wisma samadi – Klender, hingga berakhir di Sta. Anna – Duren sawit.
“Kami mencoba hal baru yang belum pernah diadakan oleh orang muda umumya. Dan ternyata Ziarah ini yang menjadi prioritas kami untuk direalisasikan. Ziarah 9 gua maria kami adakan dari malam hingga pagi hari agar kekhusyukan dan keheningan dalam berdevosi dapat dirasakan oleh para peserta, disamping itu lebih aman dalam berkendara” tutur Andreas G. Alvin yang menjadi penanggung jawab acara ini.
Saat tiba di Gua Maria St. Bonaventura – pulomas pukul 01.00wib, Romo Antonius Suyadi ,Pr selaku romo moderator kepemudaan St.Bonaventura serta KAJ menyambut kedatangan para peziarah dengan tangan terbuka sambil mengungkapkan perasaanya ”Saya sangat senang sekali melihat 92 orang muda berkumpul mengadakan acara yang tetap bersandar pada iman. Dalam injil mengatakan ‘Yesus mengutus murid-Nya pergi berdua-dua’. Saya harapkan dengan berlangsungnya acara ini kalian sebagai generasi penerus gereja dapat menjadi teladan dengan mewartakan kabar sukacita”
Lain lagi pada saat peziarah tiba di Sekolah St. Fransiskus, Romo Thomas Ferry S. Ofm selaku tuan rumah menyambut sukacita para peziarah dengan membantu petugas parkir untuk mengatur kendaraan peziarah saat memasuki lokasi. Kreatifitas orang muda dapat terwujud pada peziarahan di Gua maria St. Yakobus – Kelapa gading dengan mengadakan doa rosario versi bahasa inggris.
Inilah perjalanan orang muda katholik dalam menekuni, mencintai, serta memperdalam iman katolik dengan berdevosi sambil berpuasa kepada sang Bunda. Semoga perziarahan ini menjadi awal dari gerakan orang muda untuk ambil bagian dalam pembangunan gereja katolik di Jakarta. (oleh Andreas Gregorius Alvin)

One Response to Satu Malam untuk Bunda

  1. cahyo says:

    I miss this moment too.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s